Bhre



Aku baru sadar bahwa sudah lama sekali tidak menulis di blog ini. Parahnya, ini menyebabkan aku berat sebelah terhadap kedua anakku. Anak yang pertama aku tulis di dalam blog, sedangkan yang kedua belum. Ya, anak pertama memang cenderung diistimewakan karena ia adalah sumber segala keceriaan bermula. Meski begitu, anak-anak selanjutnya bukan berarti tidak istimewa. Hanya eforia itu memang sedikit berlalu.


Bhre Reksa Bhagawanta Pratipodyo namanya. Seperti mbaknya, ia lahir normal dari rahim ibunya yang mengejan 48 jam untuk mengeluarkannya. Ah, memang perempuan adalah mahluk perkasa. Laki-laki mana tahan menderita seperti itu.

Kami memanggilnya Bhre. Arti nama panjangnya kira-kira lagi-laki penjaga yang berbahagia, anak dari Bapak dan Ibu Pratipodyo. Ya, semoga ia bahagia, apapun keadaan yang menimpanya, dan mampu menjaga tutur kata dan tingkah lakunya. Sukur-sukur mampu menjaga negara yang melahirkannya, Indonesia.

Di dalam usianya yang 2 tahun saat ini, aku melihat bahwa ia memiliki keingintahuan yang besar pada benda-benda transportasi seperti truk, pesawat, kereta api, dan semacamnya. Khas anak laki-laki.


Di masa ipad dan "i" "i" yang lain, banyak permainan yang memaksa anak-anak hanya duduk kaku. Hanya jemari yang bergerak. Tantangan kami sebagai orang tua masa modern ini adalah mengajaknya bermain di luar seperti yang aku lakukan di masa kanak-kanak. Untunglah kami hidup di pinggiran kota yang masih menyimpan tanah-tanah yang suatu saat nanti pasti juga berubah jadi perumahan penduduk. Jadi lumayan juga, Bhre suka kalau aku ajak bermain layang-layang. Bapaknya juga suka sebenarnya memainkan permainan favorit masa kanak-kanak. Bukankah boys will be boys?

Di usia ini, ia mulai sering iseng dan nakal terhadap mbaknya. Mbaknya sering dipukul dan digigit. Kami sebagai orang tua harus ekstra keras terhadap hal-hal kasar semacam ini. Semoga ia mengerti kalau kami keras terhadapnya, ini demi masa depannya.

Harapan terbesarku terhadapnya sederhana, semoga di masa hidupnya ia bisa melihat Indonesia masuk ke Piala Dunia. Itu saja.


Comments

Popular posts from this blog

Kicau

Rumah

20